5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Asuransi Mobil



5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Asuransi Mobil

Jika Anda baru mengenal asuransi mobil, ini mungkin tampak agak rumit dan menakutkan. Mulailah dengan memahami dasar-dasar industri ini. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa fakta dasar yang akan membantu Anda memahami asuransi mobil dan akhirnya membeli polis asuransi yang paling sesuai untuk mobil Anda.

1. Pilih Kebijakan yang Sesuai dengan Kebutuhan

Ingatlah bahwa ada dua jenis polis asuransi mobil – asuransi mobil pihak ketiga dan polis Komprehensif. Yang pertama adalah wajib oleh hukum, namun, lebih banyak cakupan dan manfaat yang ditawarkan oleh yang terakhir. Jika Anda ingin memanfaatkan cakupan minimum yaitu hanya terhadap kewajiban pihak ketiga, pilihlah asuransi mobil pihak ketiga. Namun, jika Anda ingin melindungi mobil Anda juga, gunakan kebijakan yang Komprehensif.

2. Atur IDV dengan Benar

IDV adalah jargon terkait asuransi mobil yang akan sering Anda temui saat membeli polis. IDV adalah singkatan dari Insured Declared Value. Ini adalah perkiraan harga pasar mobil Anda saat ini. Perhatikan bahwa IDV bukan nilai jual kembali kendaraan Anda, itu lebih seperti titik referensi untuk nilai saat ini. Ingatlah bahwa Anda tidak perlu menetapkan IDV jika Anda memilih asuransi mobil pihak ketiga. Anda hanya dapat memilih rentang IDV saat membeli polis Komprehensif.

Jika mobil Anda dicuri atau mengalami kecelakaan besar di mana rusak tidak dapat diperbaiki, mobil akan dianggap sebagai ‘rugi total’. Di sinilah IDV akan muncul. Perusahaan asuransi Anda (yaitu ACKO) kemudian akan memberikan kompensasi kepada Anda perkiraan jumlah IDV yang telah Anda tetapkan saat membeli polis. Jadi, sangat penting untuk mengatur IDV yang tepat. Menetapkan jumlah yang lebih tinggi akan meningkatkan harga asuransi mobil, sedangkan menetapkan jumlah yang lebih rendah akan mengurangi jumlah klaim.

3. Pengurangan yang Lebih Tinggi dapat Menurunkan Premi

Deductible adalah jumlah yang harus dibayar oleh pemegang polis pada saat penyelesaian klaim. Ini adalah jumlah kecil yang dibayarkan sebagai bagian oleh pemegang polis. Pada dasarnya, ada dua jenis deductible dalam asuransi mobil – wajib dan sukarela. Anda dapat memilih jumlah yang ingin Anda bayarkan pada saat klaim di bawah pengurangan sukarela. Secara umum diyakini bahwa menetapkan pengurangan yang lebih tinggi bermanfaat untuk pengemudi yang aman. Namun, menetapkan pengurangan yang lebih tinggi akan menghasilkan jumlah klaim yang lebih rendah. Jadi, berhati-hatilah saat menetapkan pengurangan sukarela.

4. Hanya Pengaya yang Berguna yang Harus Dibeli

Jika Anda telah memilih polis asuransi mobil Komprehensif, Anda akan diberikan pilihan untuk memilih pertanggungan tambahan yaitu add-on. Jika Anda memiliki mobil baru, Anda dapat memilih dari berbagai add-on, misalnya, Pengaya Nol Penyusutan, Pertanggungan Kembali ke Faktur, Pertanggungan Bantuan Pinggir Jalan, Pengaya Perlindungan Mesin, Pertanggungan No Claim Bonus (NCB) , dll. Setiap add-on harus dibeli secara terpisah. Ini akan meningkatkan biaya polis Anda. Anda hanya perlu memilih add-on yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika menurut Anda peluang untuk mengajukan klaim sangat kecil, Anda dapat melewati NCB Cover.

5. Perpanjangan Tepat Waktu

Tidak hanya perlu membeli polis asuransi, tetapi juga untuk tetap aktif setiap saat. Biasanya polis asuransi mobil berlaku selama 1 tahun, ada juga polis jangka panjang. Anda perlu memperbarui asuransi mobil Anda tepat waktu atau polis akan berakhir. Polis yang kedaluwarsa tidak ada gunanya dan tidak akan memberikan keamanan finansial apa pun kepada Anda atau pihak ketiga. Selain itu, Anda dapat kehilangan akumulasi NCB yaitu Bonus Tanpa Klaim jika Anda gagal memperbarui polis tepat waktu. NCB adalah diskon yang Anda terima pada harga asuransi mobil saat Anda tidak mengajukan klaim apa pun. Karena diskon ini bisa mencapai 50% selama lima tahun bebas klaim berturut-turut, Anda perlu memperbarui polis tepat waktu untuk mempertahankannya. Tidak memperbarui setelah 90 hari berakhirnya polis, akan mengakibatkan hilangnya manfaat ini dan juga jumlah premi yang lebih tinggi selama waktu perpanjangan

Ini adalah beberapa dasar yang akan membantu Anda memahami konsep asuransi mobil. Ingatlah untuk membaca syarat dan ketentuan, pengecualian, dan cetakan kecil yang disebutkan pada dokumen polis.

Related Post