Di segmen transportasi, kendaraan roda dua menempati porsi terbesar dibandingkan kendaraan lain. Sepeda atau skuter adalah cara yang nyaman untuk bergerak di sekitar jalan yang padat dan sempit. Penting juga untuk mengasuransikan kendaraan roda dua jika terjadi kerusakan atau kehilangan yang tidak diinginkan. Adalah wajib untuk mengasuransikan sepeda Anda dengan perlindungan asuransi pihak ketiga. Untuk melindungi sepeda Anda, Anda perlu membeli polis asuransi kendaraan roda dua yang komprehensif. Saat membeli pertanggungan asuransi untuk sepeda Anda, penting bagi Anda untuk mendapatkan pertanggungan maksimum dengan premi yang lebih rendah. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mengurangi premi asuransi kendaraan roda dua Anda.

1. Bandingkan Polis Asuransi

Mulailah dengan membandingkan polis asuransi yang tersedia untuk kendaraan roda dua Anda di pasaran. Metode terbaik untuk melakukannya adalah membandingkan asuransi sepeda secara online. Internet membantu Anda terhubung dengan perusahaan asuransi yang membantu Anda dengan penawaran asuransi kendaraan roda dua. Periksa cakupan, manfaat tambahan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi dan pastikan Anda menemukan asuransi sepeda yang paling sesuai. Juga, membandingkan asuransi akan mengungkapkan kebijakan, yang menawarkan cakupan yang lebih tinggi dengan premi asuransi yang lebih rendah.

2. Hindari Mengangkat Klaim Kecil

Saat memperbarui polis asuransi sepeda, perusahaan asuransi akan menawarkan No Claim Bonus (NCB) jika Anda belum mengajukan klaim selama periode polis. Ini bisa naik hingga 50%. Mengangkat klaim kecil atau tidak signifikan akan menghindari diskon dalam bentuk NCB saat memperbarui polis. Oleh karena itu, Anda akan membayar premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan situasi ketika Anda memanfaatkan NCB sebagai diskon.

Baca Juga:  Mengenal Berbagai Jenis Asuransi Mobil

3. Pilih Sampul Pengaya yang Sesuai

Pertanggungan tambahan memberikan perlindungan tambahan pada polis asuransi komprehensif standar. Namun, Anda harus membayar premi tambahan. Dengan memilih add-on yang tidak diinginkan atau berlebihan, Anda hanya akan meningkatkan tarif asuransi sepeda dan tidak mengurangi premi asuransi sepeda.

4. Perpanjang Polis Asuransi Anda Tepat Waktu

Pastikan Anda memperbarui asuransi sepeda dalam batas waktu yang ditentukan dan jangan sampai terlewat. Ketika asuransi kendaraan berakhir, manfaat NCB hanya berlaku untuk jangka waktu 90 hari sejak tanggal jatuh tempo dan berakhir di kemudian hari. Sangat penting bahwa pembaruan asuransi sepeda Anda dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari premi yang lebih tinggi.

5. Instal Perangkat Anti-Pencurian

Perusahaan asuransi menawarkan premi asuransi sepeda yang lebih rendah jika Anda mengamankan kendaraan roda dua Anda dengan perangkat keamanan seperti alarm anti maling. Ini mencerminkan niat Anda untuk mengamankan kendaraan Anda dan menghindari kerusakan atau kehilangan yang tidak diinginkan. Pastikan perangkat keamanan disetujui oleh Asosiasi Riset Otomotif India (ARAI) untuk memanfaatkan diskon premi asuransi kendaraan roda dua.

6. Beli dari Perusahaan Asuransi yang Sama

Jika Anda telah membeli jenis asuransi lain seperti kesehatan, perjalanan, dll dari perusahaan asuransi tertentu, belilah polis asuransi sepeda dari perusahaan asuransi yang sama. Perusahaan asuransi dapat menawarkan poin loyalitas yang dapat digunakan sebagai diskon pada premi asuransi sepeda.

Baca Juga:  5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Asuransi Mobil

Artikel Menarik: Kartu Kredit > www.nuevomundocerveceria.com > Project Wyn Wood

7. Bonus Tanpa Klaim (NCB)

Apakah Anda memperbarui asuransi dengan perusahaan asuransi yang sama atau dengan perusahaan asuransi baru, pastikan Anda menggunakan NCB untuk mendiskon premi. Jika Anda memperbarui dengan perusahaan asuransi yang sama, pastikan Anda tidak mengajukan klaim kecil sehingga Anda tidak kehilangan NCB. Juga, jika Anda ingin mentransfer asuransi, dapatkan sertifikat NCB dari perusahaan asuransi Anda saat ini untuk memanfaatkan NCB dengan perusahaan asuransi baru.

8. Minta Diskon

Tidak ada salahnya meminta diskon saat memperbarui atau membeli asuransi baru untuk kendaraan roda dua Anda. Untuk mempromosikan polis asuransi mereka, perusahaan asuransi dapat menawarkan diskon. Dapatkan diskon untuk mengurangi premi asuransi sepeda.

9. Catatan Mengemudi

Meskipun Anda diberikan NCB karena mengemudi dengan aman dan tidak mengajukan klaim apa pun selama periode polis, perusahaan asuransi digital era baru dapat meninjau kebiasaan mengemudi Anda untuk menentukan premi. Pastikan Anda mempertahankan rekam jejak yang baik dalam hal kebiasaan mengemudi Anda.

10. Pengurangan Lebih Tinggi

Selama penyelesaian klaim, perusahaan asuransi tidak akan menanggung seluruh biaya perbaikan. Anda harus membayar persentase tertentu yang dikenal sebagai deductible. Dengan memilih untuk membayar deductible yang lebih tinggi, premi asuransi kendaraan roda dua berkurang.

11. Menjadi Anggota Organisasi Berkendara Motor

Beberapa organisasi atau klub sepeda motor menawarkan diskon kepada anggotanya untuk asuransi kendaraan mereka. Jika Anda adalah bagian dari organisasi ini seperti klub tur atau asosiasi mobil, manfaatkan diskon untuk mengurangi premi asuransi sepeda.

Baca Juga:  5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Asuransi Mobil

Apakah Wajib Membeli Polis Asuransi Roda Dua?

Sesuai dengan Undang-Undang Kendaraan Bermotor, adalah wajib untuk mengasuransikan sepeda Anda setidaknya dengan asuransi pihak ketiga. Mengendarai kendaraan roda dua di jalan-jalan tanpa asuransi yang sah dianggap sebagai pelanggaran lalu lintas. Namun, tidak wajib untuk mengasuransikan sepeda dengan asuransi yang komprehensif, tetapi secara finansial melindungi Anda jika terjadi kerusakan atau kehilangan pada kendaraan roda dua Anda. Untuk mengurangi implikasi keuangan akibat kerusakan atau kerugian pada kendaraan Anda, mengasuransikan kendaraan Anda dengan cakupan yang komprehensif akan menghindari pengeluaran yang tidak perlu.