Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Asuransi Kesehatan



Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Asuransi Kesehatan

Biaya perawatan kesehatan terus meningkat, dan itulah alasan utama mengapa asuransi kesehatan merupakan kebutuhan mutlak bagi Anda dan keluarga. Cakupan kesehatan, terutama selama periode antara berganti pekerjaan sangat penting karena Anda memerlukan asuransi kesehatan untuk melindungi diri Anda dari keadaan darurat medis yang tidak terduga. Ketika saatnya telah tiba untuk berganti pekerjaan, penting untuk memahami berbagai pilihan mengenai cakupan asuransi kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan Anda dan keluarga Anda dilindungi asuransi kesehatan saat berganti pekerjaan.

Asuransi Kesehatan Saat Berganti Pekerjaan

Sebagai seorang karyawan, Anda mungkin dilindungi oleh asuransi kesehatan pemberi kerja (juga dikenal sebagai Polis Mediclaim Grup atau Polis Asuransi Kesehatan Grup), tetapi apa yang terjadi jika asuransi kesehatan untuk karyawan tidak memberikan pertanggungan setelah meninggalkan atau berhenti dari pekerjaan?

Memiliki asuransi kesehatan ketika Anda berganti pekerjaan atau ketika Anda telah diberhentikan, atau ketika Anda menjadi wiraswasta akan membantu melindungi Anda ketika Anda membutuhkan perawatan medis, terutama selama keadaan darurat. Tanpa perlindungan asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga Anda, Anda mungkin harus membayar dari kantong Anda sendiri, dan Anda dapat dengan mudah bangkrut tergantung pada tingkat keparahan keadaan darurat medis. Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk menutupi kesenjangan dalam cakupan asuransi kesehatan Anda? Untungnya, Anda memiliki beberapa opsi.

Bagaimana Asuransi Kesehatan Grup Bekerja di Antara Pekerjaan?

Biasanya, Skema Asuransi Grup yang disediakan oleh majikan Anda berakhir pada hari kerja terakhir karyawan tersebut. Namun, beberapa perusahaan di dalam negeri memberikan pertanggungan asuransi kelompok untuk karyawan dan membayar premi secara penuh atau sebagian. Namun, dapatkah perlindungan asuransi kelompok dialihkan atau diubah menjadi polis asuransi kesehatan individu jika Anda ingin berganti pekerjaan, atau Anda telah diberhentikan?

Badan Pengatur dan Pengembangan Asuransi India (IRDAI) menyatakan bahwa seorang karyawan dapat mengubah pertanggungan kelompok menjadi rencana asuransi kesehatan individu dengan perusahaan asuransi yang sama setelah menyelesaikan formalitas yang dipersyaratkan.

Karena itu, penyedia asuransi memiliki hak penuh untuk memutuskan syarat dan ketentuan polis baru. Pilihan untuk beralih dari asuransi kelompok ke asuransi individu ini hanya ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi dan pemberi kerja. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa dengan majikan Anda apakah ada opsi untuk tetap dengan perusahaan asuransi yang sama, kecuali bahwa itu akan diubah menjadi rencana asuransi individu.

Anda mungkin harus membayar premi tambahan dan mungkin harus memberikan sertifikat kesehatan untuk beralih dari asuransi kesehatan kelompok ke individu. Harap dicatat bahwa proses ini tidak wajib, dan merupakan keputusan perusahaan asuransi untuk menawarkan konversi atau tidak.

Tinjau Opsi Asuransi Anda Saat Berpindah Pekerjaan

Mungkin ada dua situasi. Pertama, Anda bisa mengganti Asuransi Kesehatan Kelompok menjadi Asuransi Perorangan. Kedua, Anda bisa membeli asuransi kesehatan swasta untuk Anda dan keluarga. Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk ditanyakan sebelum Anda berhenti dari pekerjaan saat ini untuk mendapatkan peluang baru:

  • Apakah Anda memiliki rencana asuransi kesehatan pribadi selain dari asuransi kelompok yang disediakan oleh pemberi kerja saat ini?
  • Apakah paket asuransi grup saat ini memberikan pertanggungan ketika Anda tidak lagi bekerja di perusahaan yang bersangkutan?
  • Apakah cakupan polis asuransi kesehatan pribadi Anda cukup untuk melindungi Anda dan keluarga Anda selama keadaan darurat medis?
  • Akankah rencana asuransi kesehatan jangka pendek atau jangka panjang membantu selama masa pengangguran?
  • Bisakah Anda dilindungi dalam rencana asuransi kesehatan pasangan Anda?

Pertanyaan Asuransi Kesehatan Grup Sebelum Berpindah Pekerjaan

Sebelum Anda mempertimbangkan untuk pindah ke pekerjaan baru, pastikan Anda bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Selain gaji, apa implikasi keuangan lainnya?
  • Pilihan apa yang Anda miliki untuk menutupi biaya perawatan kesehatan?
  • Apakah keluarga saya terlindungi jika terjadi sesuatu pada saya saat berganti pekerjaan?

Kesimpulan

Seperti semua keputusan besar dalam hidup, jaminan kesehatan untuk Anda dan keluarga selama keadaan darurat medis atau rawat inap yang direncanakan mutlak diperlukan. Anda perlu memiliki Rencana Asuransi Kesehatan sehingga Anda memiliki perlindungan terhadap tagihan medis yang tidak terduga. Pertimbangkan untuk membeli paket asuransi kesehatan pribadi atau swasta bersama dengan rencana kelompok pemberi kerja agar tetap terlindungi setiap saat. Namun, sebelum Anda melakukannya, pastikan Anda membandingkan semua opsi di pasar untuk membuat keputusan yang tepat.

Related Post